Maria Kristin (Reuters)
Jakarta – Atlet peraih medali Olimpiade Beijing dijamin menerima bonusnya dalam jumlah yang utuh. Ini lantaran bonus yang bakal mereka terima takkan dikenai potongan pajak. Nilainya pun ditambah.

Potongan pajak yang seharusnya dikenakan pada mereka penerima bonus, dipastikan ditanggung sepenuhnya oleh KONI Pusat.

Seperti diputuskan sebelum Olimpiade, pemerintah dalam hal ini Kementrian Pemuda dan Olahraga (Mennegpora) dan KONI akan memberi bonus kepada peraih medali emas sebesar Rp 1 miliar, perak Rp 500 juta, dan perunggu Rp 150 juta.

Kini jumlah tersebut telah dinaikkan. Markis Kidho dan Hendra Setiawan akan diberi Rp 1,5 miliar, Nova Widianto dan Liliyana Natsir memperoleh Rp 750 juta, dan tiga peraih perunggu mendapat Rp 300 juta, yaitu lifter Eko Yuli Irawan, Triyatno, dan pebulutangkis Maria Kristin.

“Bonus ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap para atlet yang telah berjuang mengharumkan nama bangsa dan negara,” terang Ketua Umum KONI Rita Subowo.

Menurutnya, dana bonus tersebut dihimpun dari patungan antara Mennegpora, KONI Pusat, dan para sponsor. Penambahan jumlah dimaksudkan sebagai motivasi supaya atlet lain terpacu untuk lebih berprestasi.

Acara pemberian bonus akan dilakukan di Balai Kartini Jakarta, Rabu (27/8/2008) malam. Rencananya acara tersebut juga dihadiri Wakil Presiden RI M. Jusuf Kalla.
( lin / a2s ) Lily Indriyani – detiksport