Jakarta – Cisco mengembangkan teknologi Internet Protocol over dense wavelength-division multiplexing (IPoDWDM) untuk mendukung operator telekomunikasi dan penyedia jasa Internet menyongsong era Zettabyte.

Teknologi IPoDWDM ini memungkinkan untuk digelar di sepanjang jaringan milik operator telekomunikasi dan penyedia jasa Internet, dari inti jaringan memanfaatkan Cisco Carrier Routing System (CRS-1) sampai di ujung jaringan dengan tersedianya router seri Cisco XR12000 dan 12000.

Berdasarkan laporan ‘Cisco Visual Networking Index (VNI) Forecast and Methodology, 2007-2012,’ lalu lintas video di Internet pada tahun 2012 akan sebesar 400 kali lipat dibandingkan lalu-lintas Internet backbone di Amerika Serikat tahun 2000.

Terlihat pada tren ini, Internet video telah melonjak dari 12 persen pada tahun 2006 menjadi 22 persen pada tahun 2007 pada lalu-lintas Internet konsumer secara global. Video on demand (VoD), IPTV, peer-to-peer video dan Internet video diperkirakan akan mencapai hampir 90 persen dari seluruh lalu-lintas IP konsumer di tahun 2012.

Dalam rilisnya Cisco mengatakan, kelebihan dari pengembangan teknologi IPoDWDM adalah memberikan kemampuan bagi operator telekomunikasi dan penyedia jasa Internet untuk melipatgandakan jangkauan penyampaian bandwidthnya sampai 2.000 kilometer tanpa regenerasi melalui pengelolaan Cisco CRS-1.

Selain itu, pengembangan teknologi ini juga digadang-gadang memungkinkan penghantaran bandwidth sampai 2.000 km tanpa regenerasi dengan mengurangi pemanfaatan sumber daya listrik, ruang dan sistem pendingin lebih dari 50 persen.

Sebagai tambahan, satu zettabyte setara dengan 1 triliun gigabyte. Kapasitas sebesar itu mampu menampung sebanyak 250 miliar DVD.

Advertisements