Jakarta – A1GP akan kembali digelar Indonesia. Meskipun tanggal sempat diundur namun Indonesia telah masuk dalam kalender resmi musim keempat A1GP ini.

Kerinduan publik untuk menyaksikan ajang motorsport kelas dunia tampaknya akan terobati. Indonesia sempat menggelar ajang balapan mobil antara negara ini pada 2006 dan 2007 di sirkuit Sentul, Jawa Barat. Namun setelah itu, Indonesia absen.

Kini kesempatan untuk menyaksikan A1GP kembali terbuka setelah Indonesia diumumkan sebagai tuan rumah. Indonesia sebelumnya direncanakan akan menggelar A1GP pada 7‐9 November 2008 namun akhirnya diundur menjadi 6‐8 Februari 2009.

Perubahan tanggal tersebut pun telah secara resmi diumumkan dalam situs resmi A1GP. “Membuat perubahan membutuhkan banyak melakukan kerjasama,” kata Chairman A1GP, Tony Teixeira dalam rilisnya yang diterima detiksport, Rabu (27/8/2008).

“Dan kami secara khusus berterima kasih kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Dr Adhyaksa Dault dan IMI Federasi Motorsport Indonesia karena setuju perubahan tanggal ini,” ujar Teixeira.

Pada situs resmi A1GP pun nama Indonesia sudah masuk dalam daftar kalender A1GP. Sedangkan tanggal 7‐9 November 2008 yang seharusnya menjadi jatah Indonesia akhirnya diberikan kepada Cina yang akan digelar di The Chengdu International Circuit.

Sementara di Indonesia belum tercantum nama sirkuit yang akan dipakai untuk lomba A1GP. Namun kabar dari berbagai sumber mengatakan bahwa lomba ajang A1GP tidak lagi akan digelar di Sentul tapi di sirkuit jalan raya di Karawaci, Tanggerang.

Sementara saat dikonfirmasi soal lokasi seri A1GP Indonesia Comercial Director A1 Tim Indonesia Dony Sarwono enggan memberikan kepastian. “Nanti ada konfrens resmi mengenai tempat dari A1GP,” tukasnya.
( key / din )