Kapanlagi.com – Windows Vista yang dirilis November 2006 kemarin nampaknya harus segera lengser. Pasalnya generasi baru penggantinya sudah dirilis dalam versi beta.Windows 7 yang sempat dikenal dengan nama Blackcomb dan Vienna ini rencananya akan beredar 2010 nanti. Belum ada kepastian nama yang akan diambil karena sejauh ini Windows 7, Windows Seven, Vienna, dan Blackcomb hanyalah codename yang dipakai Microsoft selama pengembangan.

 

Seperti halnya Vista dan XP, Windows 7 ini juga akan dipasarkan dalam versi 32-bit dan 64-bit.

 

Walaupun pihak Microsoft belum merilis pernyataan tentang fitur-fitur yang bakalan dimiliki Windows 7 ini, beberapa pengamat memprediksikan bahwa Windows 7 akan memasukkan IE 8 dan Windows Future Storage (WinFS) sebagai salah satu komponennya.

 

IE 8 versi beta 1 sendiri sudah terintegrasi dengan Windows Server 2008 yang dilepas Februari kemarin. Sementara WinFS yang semula direncanakan bakal memperkuat Vista untuk menggantikan sistem file NTFS ternyata harus ditunda karena masih dalam proyek.

 

Dari beberapa situs yang memajang preview dari Windows 7 ini, akan ada satu fitur yang cukup menarik. Pada Control Panel, ada tambahan satu fitur yang disebut Recovery Center. Recovery Center ini konon mampu mengembalikan instalasi Windows yang rusak tanpa harus meng-install ulang. Bagusnya lagi tidak ada data yang bakalan hilang dalam proses perbaikan ini.

 

Pihak Microsoft sendiri hanya menyebutkan bahwa generasi Windows ini akan lebih mudah dioperasikan, lebih aman, lebih mudah dikoneksikan dengan gadget, dan lebih terjangkau harganya.  (kpl/roc)