Untuk kedua kalinya, Festival Klender secara resmi dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, di Jatinegarakaum, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (22/8).

Melalui festival ini, citra masyarakat Jakarta Timur diharapkan akan terangkat. Sebab, festival yang digelar satu tahun sekali ini menampilkan sejumlah produk kerajinan unggulan yang dikerjakan oleh masyarakat Jakarta Timur. Misalnya, berbagai jenis produk mebel. Selain ajang tahunan, kegiatan ini juga sebagai wujud partisipasi masyarakat Jakarta Timur dalam memeriahkan HUT RI ke-63.

“Sudah banyak sekali wilayah DKI Jakarta menggelar festival di wilayahnya masing-masing. Namun untuk Festival Klender, tentunya dapat membuat pengunjung terpikat jika melihat hasil kerajinan tangan masyarakat Jaktim,” kata Fauzi Bowo.

Menurutnya, acara ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jakarta Timur. Apalagi, dengan hadirnya beberapa produk unggulan, Festival Klender ini diyakini mampu memberikan nilai tambah tersendiri. “Setidaknya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jakarta Timur, mereka dapat mempromosikan keunggulan mebel-mebel unggulannya di festival ini. Jadi nantinya bukan hanya orang Indonesia saja yang membeli. Tapi wisatawan mancannegara juga bisa membeli produk unggulan tersebut,” ujar Fauzi Bowo.

Festival Klender tahun ini, kata Fauzi, memiliki keunikan yang berbeda dari tahun lalu. Sebab, seluruh toko-toko mebel yang berada di Jl Raya Kalimalang sampai dengan Pondokbambu seragam memberikan diskon hingga 30 persen. Sedangkan tahun lalu tidak seragam.

Ade Firman, Ketua Koperasi Industri Kayu dan Mebel DKI Jakarta, mengatakan, pemberlakukan diskon ini tidak lain merupakan apresiasi pengusaha mebel terhadap terwujudnya Festival Klender. “Diskon produk mebel ini diberikan di seluruh toko yang mempunyai tanda diskon seperti halnya umbul-umbul atau spanduk. Dan kami beri nama ‘Klender Great Sale’. Sejak hari ini spanduk-spanduk tersebut dapat terlihat di toko-toko mebel di sepanjang Jl Bekasitimur, Jl Pahlawanrevolusi, hingga Kalimalang,” tandasnya.

Penulis: anton

Sumber : beritajakarta.com