Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) bersama Singapore Airlines (SQ) melakukan penandatanganan nota kesepakatan bersama (Memorandum of Understanding/MoU) untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.
Penandatanganan MoU yang dilakukan Dirjen Pemasaran Depbudpar, DR.Sapta Nirwandar dan Executive Vice President Marketing and The Regions Singapore Airlines, Huang Chen Eng disaksikan Menbudpar Jero Wacik dan Duta Besar Singapura untuk Indonesia Ashor Mirpuri di gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis (21/8) itu juga untuk mensukseskan program Visit Indonesia Year (VIY) 2008 yang mentargetkan 7 juta kunjungan wisman dengan perolehan devisa US$ 6,7 miliar.Dalam MoU tersebut antara lain disebutkan bahwa Depbudpar dan Singapore Airlines masing-masing akan memberikan kontribusi sebesar US$ 250 ribu dalam kurun waktu tiga tahun ke depan sejak 1 Agustus 2008, untuk kegiatan promosi bersama di negara-negara pasar utama pariwisata Indonesia seperti Eropa, Asia Utara, Timur Tengah, India, Australia, Afrika Selatan, dan Amerika Serikat.

Kegiatan bersama tersebut akan meliputi partisipasi agen perjalanan dan pariwisata Indonesia dalam pameran dagang pariwisata internasional, perjalanan untuk menambah wawasan dan mengenali suatu isu, kunjungan media dari negara pasar utama agar lebih mengenal Indonesia, misi dagang, promosi pelanggan, serta kegiatan khusus lainnya. Kontribusi Singapore Airlines dalam MoU itu meliputi tiket perjalanan udara, diskon atas biaya kargo serta pembebasan biaya kelebihan berat bagasi.

Sementara itu, Depbudpar akan melakukan penangangan di lapangan bagi para peserta kegiatan bersama yang telah disepakati (perdagangan dan consumer, media, agen perjalanan, dan penulis wisata) yang berhubungan dengan kunjungan media atau perjalanan penambah wawasan, di mana Depbudpar akan memberikan kontribusi dana untuk kegiatan iklan dan promosi bersama di pasar internasional. MoU promosi pariwisata yang ditandatangani hari ini merupakan kelanjutan dari komitmen jangka panjang kami untuk bekerjasama dengan Depbudpar dalam mempromosikan pariwisata Indonesia, kata Huang Chen Eng. (*)

Advertisements