Jaringan (Network) adalah sekumpulan komputer dan perangkat yang saling berhubungan melalui perangkat komunikasi dan media transmisi.

Jaringan (Network) dikelompokkan sebagai Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN) atau Wide Area Network (WAN). Perbedaan utama antara ketiganya adalah cakupan daerahnya.

Rancangan dari komputer, perangkat dan media dalam sebuah jaringan, terkadang disebut arsitektur jaringan, dikelompokkan menjadi dua: Klien/Server atau Peer-to-peer.

Klien/Server: pada jaringan server/klien, satu atau beberapa komputer bertindak sebagai server, dan komputer lainnya pada jaringan meminta layanan dari server. Server mengendalikan akses terhadap peranti keras, peranti lunak,dan sumber daya lainnya pada jaringan dan memberikan ruang penyimpanan yang terpusat untuk program, data, dan informasi. Klien adalah komputer dan perangkat bergerak lainnya pada jaringan yang bergantung pada server untuk mendapatkan sumber daya.

Peer-to-peer: adalah suatu jaringan sederhana, biasanya menghubungkan kurang dari 10 komputer, setiap komputer yang disebut peer, berbagi piranti keras biasanya printer, data, dan informasi dengan komputer lainnya pada jaringan peer-to-peer.

media transmisi fisik yang digunakan untuk berkomunikasi adalah kabel twisted pair, kabel koaksial, dan kabel serat optik. salah satu media yang paling umum digunakan untuk kabel jaringan dan sistem telepon adalah kabel twisted pair.

Kabel twisted pair terdiri atas satu atau beberapa kawat twisted pair yang digabungkan. setiap kawat twisted pair terdiri atas kawat tembaga terinsulasi yang dibelit bersama-sama. kawat dibelit secara bersama-sama untuk mengurangi noise. noise adalah gangguan elektrik yang dapat menurunkan kualitas komunikasi.

kabel twisted pair didalam nya terdiri atas warna putih yang dililit bersama orange (O) yang sebut kabel berwarna putih orange (PO), kabel berwarna putih yang dililit bersama hijau (H) disebut berikutnya sebagai Putih Hijau (PH), kabel berwarna putih yang dililit bersama biru (B) disebut berikutnya sebagai Putih Biru (PB), dan terakhir kabel berwarna putih yang dililit bersama coklat (C) disebut berikutnya sebagai Putih Coklat (PC).

untuk sambungan peer-to-peer, yang tidak menggunakan HUB, maka digunakan kabel twisted pair cross. yang susunan kabel nya sebagai berikut:

Cross:
PH – H ____ PO – O
PO – B ____ PH – B
PB – H ____ PB – H
PC – C ____ PC – C

namun untuk sambungan yang menggunakan hub, dapat digunakan kabel straight, yang susunan nya sebagai berikut:

Straight:
PO – O ____ PO – O
PH – B ____ PH – B
PB – H ____ PB – H
PC – C ____ PC – C

dalam penyusunan kabel harus diperhatikan warna putih yang dililit dengan warna lain, jangan sampai tertukar, dan setelah dimasukkan ujung kabel kedalam socket rj, dilakukan cramping ditekan sampai rata setiap tembaga yang menghubungkan ke setiap ujung kabel di dalam socket tersebut.

Advertisements